CARA MEMBUAT
FORM DI MICROSOFT ACCESS
A.
Pengertian
Ms. Acces
Microsoft Access adalah program
pengolah data base yang canggih yang biasanya digunakan untuk mengolah berbagai
jenis data dengan pengoperasian yang mudah yangmisalnya, untuk menampung daftar
pelanggan, pendataan data keryawan, dan lainsebagainya.Mungkin pada saat ini
banyka yang menganggap bahwa microsoft access merupakan halyang sulit
dikerjakan tetapi perkembangan komputer tidak sesulit bayangan anda itu. Tapi anda
mungkin menemukan kemudahan-kemudahan sehingga anda dapat melewatinya.
Microsoft
Access merupakan salah satu software pengolah database yang berjalandibawah
sistem windows. Microsoft Access merupakan salah satu produk Office
dariMicrosoft yang dapat menangani database dengan skala besar maupun kecil.
Dalam pengolahan database, Microsoft Access ini
memiliki sarana atau objek-objek yang dapatmempermudah
pekerjaan bagi pengguna.
Microsoft
Access Merupakan progam aplikasi perangkat manajemen yang luwes yang bisa
di gunakan untuk mengurutkan, menyeleksi dan mengatur informasi penting yangdiperlukan. Kemudahan penggunaannya menjadikan
software ini banyak digunakan baik oleh pengguna komputer yang baru
mengenal maupun yang sudah berpengalaman.
B.
Pengertian
Form
Form digunakan untuk merepresentasikan ke user atau menerima inputan dari
user data-data dalam tabel/query dalam bentuk interface grid, tombol dan
lain-lain. Form dalam Access dapat dimasukkan ke dalam form lain sebagai
control sub form, biasanya jika kita bekerja dalam transaksi master
detail.Salah satu interface yang disediakan oleh microsoft untuk mempercantik
tampilan microsoft access adalah dengan
menggunakan Form.Form dapat dibuat dengan cara Create From in desain view atau
Create by using Wizard.
C.
Pengertian
Visio
Pengertian Microsoft Visio 2010 (diucapkan / vɪzi.oʊ /
VIZ-zee-oh), (sebelumnya dikenal sebagai Microsoft Office Visio), adalah sebuah
program diagram komersial untuk Microsoft Windows yang menggunakan grafik
vektor untuk membuat diagram. Saat ini tersedia dalam tiga edisi: Standard,
Profesional dan Premium. Versi terakhir adalah Microsoft Office Visio 2010
untuk Windows.
Pada akhir 2009, Microsoft merilis versi beta dari Microsoft
Visio 2010. Berbeda dengan inti aplikasi Office 2007, Microsoft Visio 2007 tidak
fitur user interface Ribbon, tapi Microsoft Visio 2010 ini. Visio tidak
dikembangkan untuk Mac OS X atau sistem operasi Linux; pengembang lain
menawarkan program diagram untuk sistem tersebut. Karena format file Visio
proprietary, beberapa Mac OS X atau program Linux dapat membaca file Visio. Pro
Omnigraffe pada Mac dapat membaca dan menulis file Visio.
Standar dan Edisi Profesional baik berbagi antarmuka yang
sama, tetapi yang terakhir memiliki tambahan template untuk diagram lebih maju
dan tata letak serta fungsi unik yang membuatnya mudah bagi pengguna untuk
terhubung diagram mereka ke sejumlah sumber data dan menampilkan informasi
secara grafis. Edisi Premium memiliki tiga jenis diagram tambahan dengan
dukungan aturan validasi cerdas, dan subproses (rincian diagram) mendukung
Pengertian Microsoft Visio 2010.Microsoft Visio Corporation diakuisisi pada
tahun 2000.
Enterprise Network
Tools, add-on produk memungkinkan jaringan otomatis dan layanan direktori
diagram, dan Visio Network Center, sebuah situs web di mana pengguna dapat
menemukan konten jaringan dokumentasi terbaru dan bentuk jaringan yang
tepat-replika peralatan dari 500 produsen terkemuka, dibebaskan bersama versi
2002 Yang pertama telah dihentikan, sedangkan bentuk-temuan yang terakhir
fitur yang sekarang terintegrasi ke dalam program itu sendiri Visio 2007
ini dirilis pada 30 November 2006.
D.
LANGKAH-LANGKAH
MEMBUAT FORM
Ø Langkah
1 :
Buka
aplikasi MS Access maka akan tampil seperti pada gambar berikut :
( gambar 1.1 )
Ø Langakh
2 :
1. Klik
blank Database
2. ubah kolom file nama kemudian pilih create
seperti di bawah ini
( Gambar 1.2 )
Ø Langkah
3 :
Maka akan tampil
gambar seperti di bawah ini :
(Gammbar
1.3 )
Ø Langkah
4 :
1. Klik
menu create kemudian pilih table design
2. Kemudian
akan tampil gambar seperti di bawah ini
(
Gambar 1.4 )
(
Gambar 1.4 a)
Isi tabel field
nama seperti di bawah ini :
(
Gambar 1.4 b)
Ø Langkah
5 :
a. Kemudian
ubah kolom di samping tangggal dari “text” menjadi “Date/Time” seperti gambar
di bawah ini :
(
Gambar 1.4 c )
b. Ubah
kolom di samping “JK” dari text selanjutnya pilih lookup wizard seperti di
bawah ini :
(Gambar
1.4 c )
c. Akan
tampil gambar seperti di bawah ini lalu pilih
”I will type in the values that I want kemudian klik next” :
(
Gambar 1.4 d )
d. Setelah
Itu akan muncul tampilan seperti di bawah ini kemudian isi kolom tersebut lalu pilih next:
(
Gambar 1.4 e )
Kemudian
pilih finish
( Gambar 1.4 f )
E.
LANGKAH-LANGKAH
MEMBUAT REPORT WIZARD DAN COMBO BOX DAN COMMAND BOTTON DALAM MICROSOFT ACCESS
Ø Langkah
1:
Pilih
Report wizard kemudian ubah table name menjadi identitas pasien lalu klik OK.
Maka akan muncul seperti gambar di bawah ini :
(
Gambar 1.5 )
Maka
akan muncul tampilan seperti di bawah ini
kemudian klik next:
( Gambar 1.5 a )
Ø Langkah
2 :
Akan
muncul tampilan seperti di bawa ini kemudian klik next :
( Gambar 1.5 b )
Ø Lagkah
3 :
Setelah
klik next maka muncul tampilan seperti di bawah ini :
( 1.5 c )
Ø Langkah
4 :
Kemudian
pilih colummar lalu klik next :
( Gambar 1.5 d ) (
Gambar 1.5 e )
Ø Lagkah
5 :
Kemudian
pilih finish :
( Gambar 1.5 f )
Ø Lagkah
6 :
Maka
akan Muncul Tampilan Seperti ini :
( Gambar 1.6 )
Ø Langkah 7 :
Kita
pun dapat mendesain form dengan menambahkan beberapa perintah dengan cara klik
View Design View
( Gambar 1. 7 )
Ø Langkah
8 :
Kemudian
klik Button maka akan tampil perintah seperti
pada gambar 1.10 , lalu pilih Record Operation dan pilih perintah yang ingin di tambahkan di form, lalu Next.
(
Gambar 1.10 )
( Gambar 1.10 a )
( Gambar 1.10 b )
Setelah itu klik Finish , perintah yang
telah di buat akan muncul pada form.
(Gambar 1.11 )
F.
Query adalah
semacam kemampuan untuk menampilkan suatu data dari database dimana mengambil
dari table-tabel yang ada di database, namun tabel tersebut tidak semua
ditampilkan sesuai dengan yang kita inginkan. data apa yang ingin kita
tampilkan.
F.
LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT QUERY WIZARD
Ø
Langkah
1:
Pada Tampilan Microsoft Access Pilih Menu Create Kumidian
Pilih Query Wizard
Maka akan Muncul Tampilan Seperti gambar di Bawah ini setelah
itu Pilih OK
(
gambar 2.1 )
1. Kemudian
pindahkan variabel yang ada di sebelah kiri ke sebelah kanan
( gambar 2.2 )
2.
Akhiri dengan Finish
( gambar 2.3 )
3.
Muncul Query
Kita dapat melihat bentuk fisik dari Tabel dan Query itu
sama, namun kita dapat melihat perbedaannya dengan cara menguji Query tersebut
yaitu klik Create Query Wizard,
kemudian ikuti langkah-langkah dari gambar 2.1, 2.2 kemudian akhiri dengan
Finish dan memilih Modify The Query Design.
( gambar 2.4 )
4. Kemudian kita uji dengan cara memasukkan salah satu
variabel []
( gambar 2.5 )
5.
Kemudian klik Run dan ketik Nomor RM lalu Ok
( gambar 2.6 )
6.
Dan inilah hasil
ujinya.
( gambar 2.7 )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar